Saat Semua Hal Merangkai Titik Temu

Bismillahirrahmanirrahim

Sebelum ngebahas isi dari postingan ini mau cerita sedikit dulu hehe. Jadi, semester baru ini seru banget. Kenapa? Karena sekarang udah dilantik jadi anggota unit. Artinya udah ga ada lagi daftar unit yang statusnya masih calon, alhamdulillah :)

Tapiiiii, bukan berarti dilantik jadi anggota biasa jadi bisa seenaknya. Ternyata tuntutan lebih banyak. Di dua Unit yang aku ikutin, aku ditantang untuk berkomitmen sebagai bentuk tanggung jawab dan pengabdian saya sebagai anggota unit. Di satu sisi saya senang dan bersemangat untuk menuntaskan semua komitmen yang saya buat. Di lain sisi, aku takut, bener-bener takut aku ga bisa melaksanakan komitmen yang udah aku  buat. Dilema... Bisa lanjut ga ya?

Sip masuk ke inti.
Akhir-akhir ini lagi suka denger potongan kalimat "merangkai titik temu". Langsung kebayang tentang tugas dan jadwal yang juga sedang merangkai titik temu, walaupun ga ngerti sebenernya apa arti dari potongan kata itu wehehe. Jadwal seabrek sampe makan waktu weekend itu sesuatu yang aku sebut titik temu. Frustasi? Iya banget. Sampe kosan tugas udah minta banget dikerjain. Kayaknya ga pernah punya waktu buat santai sedikit aja. Selalu ada deadline di depan mata. Satu deadline lewat, deadline lain udah nunggu. Gitu terus tiap minggu. Hasilnya.. selesai sih, tapi ga pernah mebuahkan hasil yang maksimal. Padahal banyak loh anak-anak yang senasib seperjuangan sama aku. Bedanya mereka bisa menyelesaikan semuanya dengan hasil yang memuaskan. Kenapa?

Nah, flashback pada suatu saat aku mewawancarai seorang swasta. Dia terbilang orang sibuk di kampus. Secara aktif banget di kabinet dari mulai tingkat satu. Hasil wawancaranya inspiratif banget. Banyak lah pokoknya pelajaran yang bisa diambil dan dijadiin contoh. Dari sekian banyak wejangan yang beliau kasih waktu itu, ada satu bahasan yang paling menarik perhatian aku. Manajemen fokus. Yak itu dia. Biasanya kalo nanya-nanya ke orang "Kamu kan sibuk macem-macem, kok masih bisa sih punya hasil akademik yang bagus?". Jawabannya biasanya ga jauh-jauh dari kata "manajemen waktu". Tapi yang ini beda. Justru beliau berpendapat kalo cuma sebatas manajemen waktu sih semua orang bisa. Tinggal nyusun jadwal, nyusun prioritas, terus udah deh. Nah yang ditekankan disini adalah bagaimana bisa menyelesaikan suatu pekerjaan yang seabrek dan ga ada putusnya, tapi tetep maksimal. Ngerti kan ya maksudnya? Ya gitu lah. Mungkin cuma aku yang bisa ngerti ^^v

Setelah aku pikir-pikir, manajemen fokus ini yang orang-orang keren itu lakuin. Mereka terlihat santai tiap kali mennjalani semua aktivitasnya. Manajemen fokus sendiri adalah gimana kita bisa menempatkan fokus kita di setiap aktivitas yang lagi kita jalani.  Misal kita lagi ada di suatu forum. Ya udah pikiran kita tertuju pada apa yang dibahas di forum itu. Bukan mikirin jemuran cucian makan malem dll. Itu cuma sebagian kecil. Nah yang lebih krusial misalnya saat kita punya banyak amanah di tempat yang berbeda. Di tempat yang berbeda otomatis fokusnya juga beda. Misal yang satu hubungannya sama kuliah, ya kita fokus ke pelajaran kuliah, bukan mikirin isi rapat setelah kuliah. Kalo itu yang dilakuin, maka yang ada kuliah ga maksimal, pelajaran ga ngerti. Kan harusnya isi rapat dipikirin jauh sebelum kuliah. Jadi tetep aja harus ada manajemen waktu di dalemnya.

Inti yang aku dapet dari manajemen fokus ini adalah, hal ini bisa membantu kita memanajemen waktu dengan baik. Kalo udah bisa memanajemen waktu buat nyelesain pekerjaan seabrek tapi ga fokus saat eksekusinya, kita bisa aja keteteran. Itulah awal mula dari ketidakmaksimalan hasil dari usaha.

Udah segitu aja tentang manajemen fokus. Mudah-mudahan mulai sekarang bisa lebih fokus dan ga banyak mikir lagi :)


Comments

Popular Posts